Mengapa Monyet Burung Hantu Berbeda

0 Comments


Seperti burung nokturnal yang dinamai demikian, monyet burung hantu adalah satu-satunya spesies monyet nokturnal yang diketahui. Hewan-hewan ini juga dibandingkan dengan burung hantu karena telinga luarnya yang sangat kecil, yang memberi mereka penampilan berkepala burung yang bulat dan mata yang sangat besar seperti burung hantu.

Perbedaan utama antara burung hantu dan monyet burung hantu adalah bahwa burung hantu adalah burung predator dan monyet burung hantu makan terutama buah-buahan dan tanaman. Mereka kadang-kadang akan memakan serangga kecil ketika makanan normal mereka langka. Mereka lebih aktif pada malam hari ketika bulan paling terang dengan mengandalkan indra persepsi kedalaman yang tajam daripada menggunakan perbedaan warna seperti spesies monyet di siang hari.

Monyet burung hantu tidak membentuk kelompok besar seperti banyak spesies monyet Dunia Baru lainnya. Jangkauan mereka di Amerika Tengah dan Selatan adalah dari permukaan laut hingga daerah pegunungan. Semakin tinggi mereka hidup di atas permukaan laut, semakin besar ketebalan bulu mereka. Mereka ditemukan di semua tingkat kanopi di hutan hujan dan jarang jika pernah terlihat di tanah. Mereka lebih suka tidur di siang hari di rongga batang pohon atau di semak-semak tebal dan beraktivitas di sore hari dan malam hari.

Kelompok keluarga kecil akan terdiri dari pasangan yang dikawinkan dan satu lajang lahir per tahun yang akan meninggalkan unit keluarga setelah beberapa tahun. Ini menciptakan unit keluarga hingga 5 jika anak-anak lambat untuk meninggalkan keluarga. Mereka pernah dianggap benar-benar monogami, tetapi pasangan asli dapat dipisah selama kehidupan keluarga. Ini sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa pria dan wanita dewasa pada usia yang berbeda, sehingga secara alami mereka akan mencapai puncak seksual dan menurun pada waktu yang berbeda. Orang dewasa yang matang dari kelompok lain akan menunjukkan agresi jika mereka ingin menjadi anggota baru keluarga dan jika pasangan yang ada tidak dapat melawan mereka, mereka akan menyerah.

Laki-laki memiliki peran membawa anak muda, kecuali pada saat menyusui. Dipercayai bahwa pria merasakan bahwa mereka lebih kuat daripada wanita yang dilemahkan oleh kehamilan, kelahiran, dan menyusui. Laki-laki akan lebih mampu membawa anak muda ke daerah aman dalam keadaan darurat atau jika kelompok itu diserang. Namun, jika pejantan diserang atau dibunuh, betina biasanya tidak akan melanjutkan perawatan primer untuk bayinya. Kadang-kadang saudara kandung akan cukup tua dan cukup kuat untuk mengambil alih, atau bayi itu akan hilang. Ini normal di alam dengan spesies lain juga. Primata jantan ini juga bertugas mencegah anak muda dari menyusui dan dibawa. Ini sering menyebabkan stres dan konflik dalam keluarga.

Monyet burung hantu sangat menarik karena keanehannya dan perbedaannya dengan spesies monyet lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.